KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN GIZI DI RUANG RAWAT INAPRUMAH SAKIT ISLAM SUNAN KUDUS DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2015

Desi Rahmawati Sukadi, Sri Wahyuningsih

Abstract


Pelayanan Gizi Rumah Sakit merupakan kegiatan pelayanan gizi di rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat baik rawat inap maupun rawat jalan. Pelayanan gizi rumah sakit berperan dalam mempercepat penyembuhan pasien dan menjaga agar kondisi tubuh tetap sehat. Gizi yang terpenuhi secara baik akan membuat daya tahan tubuh tetap akan meningkat sehingga dapat mempercepat penyembuhan penyakit. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2015. Responden dalam penelitian ini sebanyak 20 orang terdiri dari kelas VVIP, VIP, Kelas I, Kelas II, dan Kelas III. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara terstruktur. Analisis data pada penelitian ini menggunakan content analysis. Hasil penelitian menyatakan bahwa kepuasan pasien terhadap penyelenggaraan makanan pelayanan gizi di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Sunan Kudus sebagian besar sudah merasa puas dan sebagian kecil belum puas.

Kata Kunci : Pelayanan makanan rumah sakit, Kepuasan pasien

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 743 times
Naskah Full Text files downloaded : 655 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v3i3.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats