FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PERSALINAN JAMPERSAL DI PUSKESMAS SUKOLILO II KABUPATEN PATI

Retno Yulistiana(1*), Niken Puspitowati(2),

(1) 
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Wilayah kerja Puskesmas Sukolilo II persalinan yang menggunakan jampersal 146 (67,3%), yang tidak menggunakan jampersal  68 persalinan (31,3%) dan yang ditolong dukun 3 persalinan (1,4%). Masyarakat banyak yang tidak menggunakan Jampersal karena tidak puas dan kurang yakin dengan pelayanan pada program Jampersal. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien Jampersal di Puskesmas Sukolilo II Kabupaten Pati.Jenis penelitian studi korelasi (Correlational study) dengan rancangan penelitian Cross Sectional dengan sampel penelitian 40 orang. Analisa data menggunakan  rank spearmant.Hasil penelitian menunjukkanpasien persalinan jampersal di Wilayah Kerja  Puskesmas Sukolilo II Kabupaten Pati sebagian besar  menyatakan kompetensi tehnis bidan baik  77,5%, akses pelayanan baik 87,5%, efektivitas pelayanan jampersal kategori baik  87,5%, hubungan antar manusia kategori baik 60,4%, efisiensi baik 62,5%, kelangsungan pelayanan Jampersal kategori baik 87,5%, keamanan  baik 87,5%, kenyamanan,  baik 62,5%, menyatakan puas dalam pelayanan Jampersal sebanyak  69,8%.

 

Kata kunci :

Kompetensi tehnis, akses  pelayanan, efektivitas, hubungan antar manusia, efisiensi, kontinuitas,  keamanan, kenyamanan  dan kepuasan pasien jampersal

Full Text:

Naskah Fulltext

Article Metrics

Abstract viewed : 588 times
Naskah Fulltext files downloaded : 223 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v0i0.118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats