TINGKAT KEPUASAN PESERTA JKN-KIS YANG MENGGUNAKAN DAN TIDAK MENGGUNAKAN ELEKTRONIK DATA ISIAN PESERTA (E-DIP) DALAM LAYANAN PENDAFTARAN BPJS KESEHATAN

Abdul Wachid(1*), Ervi Rachma Dewi(2), Aprilika Tyantaka(3),

(1) STIKES Cendekia Utama Kudus
(2) STIKES Cendekia Utama Kudus
(3) STIKES Cendekia Utama Kudus

(*) Corresponding Author

Abstract


Tingkat kepuasan peserta JKN-KIS pada tahun 2018 adalah sebesar 79,7%, sedangkan kepuasan peserta JKN-KIS di Kantor Cabang Kudus adalah sebesar 89,54% dan total calon peserta JKN-KIS yang melakukan pendaftaran menggunakan aplikasi E-DIP adalah sebanyak 17.936. Pada saat ini kondisi pelayanan yang masih menjadi catatan perbaikan adalah pelayanan administrasi pendaftaran calon peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang terjadi di Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat kepuasan peserta JKN-KIS yang menggunakan dan tidak menggunakan elektronik data isian peserta (E-DIP) dalam layanan pendaftaran BPJS Kesehatan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ekperimen rancangan kuasi eksperimen dilaksanakan di BPJS Kesehatan Cabang Kudus pada Bulan April 2019. Saat peserta JKN-KIS akan melakukan pendaftaran, dilakukan pengisian kuesioner untuk menilai kepuasan peserta yang mendaftar menggunakan E-DIP dan yang tidak dimana aspek yang dinilai adalah reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible. Didapat 100 peserta JKN-KIS yang mndaftar menggunakan E-DIP dan 100 yang tidak menggunakan. Terdapat perbedaan bermakna pada aspek tangible (4,46 dengan 4,38) dan reliable (5,15 dengan 4,77). Sedangkan aspek responsiveness (4,84 dengan 4,83) assurance (4,77 dengan 4,74) dan empathy (4,84 dengan 4,85) tidak terdapat perbedaan bermakna. Tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan peserta JKN-KIS sebelum dan sesudah penggunaan E-DIP dalam layanan pendaftaran BPJS Kesehatan dimana skor tingkat kepuasan peserta JKN-KIS yang melakukan pendaftaran menggunakan E-DIP adalah 4,75 dan yang tidak menggunakan E-DIP adalah 4,66.

 

Kata Kunci: Kepuasan, BPJS Kesehatan, E-DIP


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 769 times
PDF files downloaded : 118 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v7i2.505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats