PEMANFAATAN LAYANAN PKPR OLEH REMAJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MIROTO SEMARANG

Sri Handayani(1*), Eti Rimawati(2),

(1) 
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Pelayanan kesehatan peduli remaja (PKPR) merupakan upaya pelayanan kesehatan yang ditujukan pada remaja. PKPR mulai dicanangkan oleh pemerintah sejak tahun 2003. Berdasarkan laporan kunjungan PKPR di puskesmas miroto selama tahun 2014, akses remaja sangatlah rendah hanya mencapai 3%.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor yang mempengaruhi rendahnya pemanfaatan PKPR oleh remaja di wilayah puskesmas Miroto Semarang.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan metode cross sectional dimana pengambilan data dilakukan dalam satu waktu. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat bantu dalam pengambilan data. Sampel dilapangan dipilih secara random sederhana. Jumlah sampel adalah 100 remaja dari tiga SMA yang ada di wilayah kerja puskesmas Miroto Semarang.

Hasil menunjukkan bahwa hanya 12% remaja yang pernah mengakses layanan PKPR di puskesmas Miroto. Tingkat pengetahuan tentang PKPR masih dalam kategori rendah, hanya 56% yang mempunyai pengetahuan baik. Terdapat 60% remaja yang mendukung adanya PKPR di puskesmas Mirotot. Dimana 58% remaja masih terpengaruh mengikuti teman sebayaanya dalam memanfaatkan PKPR. Peran petugas puskesmas sangat rendah yaitu 60% menyatakan petugas tidak aktif mensosialisaikan PKPR. Sedangkan sekolah sebesar 72% remaja menyatakan sekolah tidak aktif dalam sosialiasi PKPR. Faktor yang berhubungan sekaligus berpengaruh terhadap pemanfaatan PKPR oleh remaja adalah peran sekolah dalam mensosialisasikan PKPR di sekolah.

Disarankan kepada petugas puskesmas untuk bekerjasama dengan pihak sekolah dalam meningkatkan sosialisasi PKPR kepada remaja. Serta sebagai upaya meningkatkan akses PKPR oleh remaja.

Kata kunci       : PKPR, Remaja, Akses

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 1943 times
Naskah Full Text files downloaded : 663 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v2i4.105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats