Survey Kepuasan Pelanggan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Tahun 2015

Eko Prasetyo(1*), Sri Hartini(2), Sri Wahyuningsih(3),

(1) 
(2) 
(3) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas merupakan salah satu ciri pemerintahan yang baik (Good Governance) sebagai tujuan dari pendayagunaan aparatur negara. Oleh karena itu peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan upaya terus menerus, berkelanjutan dan dilaksanakan  oleh semua jajaran aparatur pemerintah, termasuk didalamnya Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus. DKK Kudus perlu dan penting untuk melakukan kegiatan survei kepuasan pelanggan bagi pengguna layanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk mengetahui sejauh mana tingkat layananyang diberikan UPT terhadap masyarakat .Jenis kegiatan menggunakan metode survei analitik yang mengkaji kepuasan pelanggan di Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus baik dari performance manajemen, performance petugas dan performance pengelolaan sarana prasarana. Adapun rancangan survey dengan cross sectional yang mempelajari dinamika korelasi dilapangan dengan cara pendekatan observasi atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat (point time approach), sampel yang digunakan sebanyak 400 responden dari 20 UPT DKK Kudus. Hasil survey Kepuasan pelanggan berdasarkan performance manajemen pelayanan kesehatan, performance petugas pelayanan kesehatan, performance lingkungan pelayanan kesehatan di UPT Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Tahun 2015 adalahBaik. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pelayanan kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Tahun 2015 adalah 74,16  yang berarti  pelayanan kesehatan di UPT Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus dikategorikan BAIK dengan Peningkatan Mutu Pelayanan Pada Indikator Kejelasan Petugas Pelayanan, Kecepatan Pelayanan, dan Kenyamanan Lingkungan.

Kata Kunci     : Survey,Kepuasan Pelanggan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 1453 times
Naskah Full Text files downloaded : 257 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v2i4.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats