GAMBARAN KECEMASAN IBU HAMIL DI ERA PANDEMI COVID-19

Sri Rejeki(1*), Rozikhan Rozikhan(2), Eni Hidayati(3),

(1) Fakultas Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) UPP Kampus Kendal, Politehnik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang, Indonesia
(3) Fakultas Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang

(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Latar belakang.: Kecemasan pada saat kehamilan merupakan masalah yang serius karena angka kematian ibu hamil sebesar 80% akibat kecemasan yang tinggi. Timbulnya kecemasan disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi, antara lain faktor internal kehamilan itu sendiri dan faktor eksternal karena lingkungan keluarga dan lingkungan luar keluarga. Di negara maju tingkat kecemasan sekitar 7-20% dan di negara berkembang lebih dari 20%. Tingkat kecemasan yang terjadi pada ibu hamil primigravida lebih besar dibandingkan dengan ibu hamil multigravida, namun di era pandemi Covid-19 dapat meningkatkan kecemasan pada ibu hamil terutama yang menjelang proses persalinan. Tujuan dari penelitian untuk melihat perbedaan tingkat kecemasan ibu primigravida dan multigravida di era pandemi Covid-19. Metode  Penelitian ini menggunakan studi cross sectional, dimana antara paparan dan hasil dilihat pada waktu yang bersamaan. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, diperoleh total 72 responden, terdiri dari 21 responden  primigravida dan 51 multigravida. Hasil Penelitian: Analisis penelitian menggunakan rerata perbandingan independent sample t-test. Ibu hamil primi lebih banyak mengalami kecemasan (57,1%) dibandingkan dengan ibu hamil banyak (27,4%). Terdapat perbedaan nilai kecemasan yang signifikan antara ibu hamil primer dan multipel pada trimester III di era pandemi Covid-19, (p value 0,003 < 0,05). Kesimpulan: Di era pandemi Covid-19, ibu hamil primigravida lebih banyak mengalami kecemasan dibandingkan dengan ibu hamil multigravida.

 

Kata Kunci: Kecemasan, covid 19


Keywords


kecemasan;covid 19

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 278 times
PDF files downloaded : 88 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v11i2.1114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats