HUBUNGAN FAKTOR FISIOLOGIS PADA LANSIA DENGAN RESIKO JATUH DI DUSUN WANGIL DESA SAMBONGANYAR KABUPATEN BLORA

Lia Aryanti Sholekah(1), Edy Soesanto(2*), Siti Aisah(3),

(1) Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fikkes Unimus
(2) Program Studi S2 Magister Keperawatan Fikkes Unimus
(3) Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fikkes Unimus

(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Lansia merupakan tahap akhir dalam pertumbuhan manusia, semakin bertambahnya usia akan terjadi perubahan-perubahan fisiologis dalam tubuh manusia. Perubahan yang terjadi meliputi persarafan, musculoskeletal, penglihatan, pendengaran. Tujuan: penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara faktor fisiologis pada lansia dengan resiko jatuh di Dusun Wangil Desa Sambonganyar Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. Metode: penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 112 lansia (total sampling). Instrument yang di gunakan untuk pengukuran faktor fisiologis  terdiri dari pemeriksaan keseimbangan (berg balance scale), pemeriksaan kekuatan otot, pemeriksaan visus (snellen cart), dan pemeriksaan pendengaran (garputala), serta  pengukuran resiko jatuh menggunakan kuesioner resiko jatuh. Instrumen telah dilakukan uji validitas (p > 0,374), dan uji reliabilitas Cronbach’s alpha = 0,836 dan telah mendapatkan persetujuan dari komisi etik penelitian kesehatan dari FIKKES UNIMUS dengan nomer 0020/KEPK/VII/2022. Hasil: adanya hubungan yang signifikan antara faktor fisiologis pada lansia dengan resiko jatuh dengan p value < 0,05 ( uji chi square).  Kesimpulan: faktor fisiologis   yang semakin rendah akan mengurangi   resiko jatuh pada lanjut usia. Penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan edukasi kepada lansia dan keluarga tentang resiko jatuh serta  untuk pengembangan  program kegiatan pencegahan resiko jatuh pada lansia di pelayanan kesehatan.

Kata kunci:  Lansia, faktor fisiologis, resiko jatuh

 


Keywords


Lansia; faktor fisiologis; resiko jatuh

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 3416 times
PDF files downloaded : 544 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v11i2.1116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats