EFEK MOTIVASI INSPIRASI TERHADAP FAMILY EMPOWERMENT DALAM PELAYANAN DI RUANG ICU : (A literatur review)

Devi Nurmalia(1*), Muhamad Makmun(2),

(1) Universitas Diponegoro
(2) Universitas Diponegoro

(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem perawatan di ICU memberikan dampak stress bagi pasien dan keluarganya. Upaya yang dapat dikembangkan untuk meminimalkan dampak tersebut yaitu dengan mengaplikasikan Family Empowerment. Perawat mempunyai peran yang sangat penting untuk meminimalkan dampak stress tersebut. Perawat dengan kepemimpinan transformasional : motivasi inspirasi dengan mengikutkan (memberdayakan) keluarga dalam perencanaan keperawatan, menjalin komunikasi serta melibatkan keluarga dalam tindakan keperawatan, sehingga dampak stress bagi pasien dan keluarga dengan Family Empowerment dapat diturunkan. Mengetahui gambaran efek kepemimpinan transformational : motivasi inspirasi terhadap Family Empowerment dalam pelayanan di ruang ICU. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu studi literatur. Penulis melakukan analisis dan sintesis untuk mendeskripsikan efek kepemimpinan transformational : motivasi inspirasi terhadap Family Empowerment dalam pelayanan di ruang ICU. Sumber pustaka yang digunakan pencarian artikel ditemukan 14 artikel , setelah dilakukan analisis dan sintesa tinggal 11 artikel yang mempunyai keterkaitan. Penyusunan literature review menggunakan artikel / jurnal dengan proses pencarian artikel melalui Google Scholar  jumlah 2 jurnal, Science Direct 4 jurnal,  PubMed 5 jurnal. Ada pengaruh kepemimpinan transformasional : motivasi inspirasi dengan mengikutkan (memberdayakan) keluarga dalam perencanaan keperawatan, menjalin komunikasi serta melibatkan keluarga dalam tindakan keperawatan.  Diberdayakannya keluarga dalam pelayanan keperawatan ( untuk memijit, membelai ) serta keluarga diminta untuk mengunjungi pasien dua kali sehari selama 3 hari berturut-turut, maka stress keluarga akan menurun karena keluarga dapat secara langsung mengetahui pelayanan yang diberikan terhadap keluarga yang sakit sesuai harapan. Pelaksanaan Family Empowerment masih ada hambatan yg terjadi yaitu kurangnya pengetahuan petugas mengenai Family Empowerment. Ada pengaruh yang positif antara kepemimpinan transformasional: motivasi inspirasi terhadap family empowerment, dengan family empowerment tingkat stress keluarga akan menurun. Pelaksanaan family empowerment masih ada beberapa kekurangan yang harus dicarikan solusi.

 

Kata Kunci : ICU, Kepemimpinan Transformasional, Family Empowerment


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 941 times
PDF files downloaded : 100 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v7i2.264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats