STATUS PERKAWINAN MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI PSTW SINTA RANGKANG TANGKILING KALIMANTAN TENGAH

Agnes Dewi Astuti(1*),

(1) Poltekkes Kemenkes Palangka Raya

(*) Corresponding Author

Abstract


Proses penuaan adalah hal yang alamiah dialami oleh semua manusia yaitu dengan  adanya kehilangan kemampuan jaringan organ tubuh dalam memperbaiki diri dan bersifat irreversible.  Lansia merupakan tahapan akhir dari siklus kehidupan dalam  proses penuaan dengan perubahan-perubahan pada aspek fisik atau fisiologi, psikologi, dan sosial  (Miller, 2004). Faktor tersebut mempengaruhi kualitas hidup lansia karena mempunyai hubungan signifikan terhadap angka kesakitan, kematian dan mempengaruhi usia harapan hidup lansia serta mempengaruhi kapasitas fungsional, psikologi kesehatan sosial dan kesejahteraan lansia sebagai kondisi fungsional lansia yang seharusnya berada pada kondisi maksimum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup lansia di PSTW Sinta Rangkang Tangkiling Kalimantan Tengah. Desain menggunakan cross sectional pada 52lansia di PSTW Sinta Rangkang Tangkiling Kalimantan Tengah.Hasil menunjukkan faktor yang sangat berpengaruh pada kualitas hidup pada lansia adalah status perkawinan.  Pentingnya komunikasi dan keintiman dalam kehidupan dapat meningkatkan kualitas hidup lansia. Kesimpulannya lansia yang memiliki status perkawinan menikah atau memiliki pasangan memiliki kemungkinan dalam peningkatan kualitas hidup lansia. Faktor paling dominan adalah status perkawinan setelah dikontrol dengan usia, penyakit >2 macam dan tingkat kemandirian.Direkomendasikan pada pihak PSTW untuk memfasilitasi daam meningkatkan kualitas hubungan interaksi antar lansia dalam melakukan aktifitas kehidupannya sehari-hari.

 

Kata kunci: kualitas hidup, lansia, PSTW

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 3046 times
PDF files downloaded : 647 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v8i1.300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats