HUBUNGAN STATUS ANEMIA DENGAN TINGKAT MORBIDITAS PADA LANSIA BURUH GENDONG DI PASAR INDUK TRADISIONAL YOGYAKARTA

Sunarti Sunarti(1*), Ribia Tutstsintaiyin(2), Suci Yuliani(3),

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(3) Universitas Ahmad Dahlan

(*) Corresponding Author

Abstract


Buruh gendong atau endong-endong merupakan sebutan bagi wanita yang menjual jasa angkat barang dengan cara menggendong. Kelompok ini merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap anemia defisiensi besi. Penghasilan yang rendah dan tingkat pendidikan yang rendah merupakan faktor risiko anemia defisiensi besi di masyarakat.  Buruh gendong lansia biasanya mempunyai susunan gigi yang tidak sempurna sehingga mereka akan kesulitan mengkonsumsi jenis zat besi hem yang umumnya berasal dari daging. Kondisi inilah yang sering menyebabkan lansia berisiko terkena anemia defisiensi besi. Dampak anemia pada lansia diantaranya penurunan tingkat intelektual, produktivitas kerja dan tingkat morbiditas. Pada penelitian ini peneliti bermaksud meneliti hubungan antara status anemia dengan tingkat morbiditas wanita lansia buruh gendong di Pasar tradisional kota Yogyakarta baik yang berada di Giwangan maupun Bringharjo.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui deskripsi kejadian anemia dan  hubungannya  status anemia terhadap tingkat morbiditas wanita lansia buruh gendong. Studi kasus  di Pasar Pasar Tradisional Yogyakarta baik  Giwangan maupun Bringharjo.Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Cross Sectional, yaitu dengan mengukur variabel status anemia dan tingkat morbiditas secara bersamaan. Berdasarkan uji chi square didapatkan hasil tidak ada hubungan antara status anemia dengan tingkat morbiditas wanita lansia buruh gendong dengan nilai p value 1,00.Tidak ada hubungan antara status anemia dengan tingkat morbiditas lansia buruh gendong di pasar tradional Yogyakarta. 

 

Kata Kunci : anemia, buruh gendong, morbiditas

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 1215 times
PDF files downloaded : 337 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v8i1.306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats