Hubungan Kejadian Tinea Pedis (Kutu Air) dengan Praktik Personal Hygiene pada Pemulung di TPA Tanjungrejo Kudus

Dwi Miftahurrohmah(1*), Risna Endah Budiati(2),

(1) 
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Tinea pedis (Kutu Air) adalah infeksi dermatofit pada kaki, terutama di sela jari dan telapak kaki terutama yang mamakai kaus kaki dan sepatu yang tertutup dan penyebab Tinea pedis yang sering adalah Trichopyton rubrum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kejadian Tinea pedis (Kutu Air) dengan praktik personal hygiene pada pemulung sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjungrejo Kudus yang meliputi praktik mandi, praktik mencuci kaki, praktik memakai pelindung kaki, praktik memakai kaus kaki ketika bekerja, praktik menggosok gigi, praktik memakai pakaian, dan praktik memakai sepatu. Metode Penelitian menggunakan desain case control dengan subjek penelitian yaitu 30 pemulung yang menderita Tinea pedis (kasus) dan 30 pemulung yang tidak menderita Tinea pedis (kontrol). Variabel bebas yang di teliti adalah kejadian Tinea pedis, sedangkan variabel terikat adalah praktik personal hygiene dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pemulung berjenis kelamin perempuan, umur pemulung sebagian besar berumur 40-59 tahun, sedangkan pendidikan pemulung dalam kelompok kasus sebagian besar adalah tidak sekolah dan pemulung dalam kelompok kontrol sebagian besar berpendidikan SD. Dari hasil uji analisa menunjukkan bahwa ada hubungan antara kejadian Tinea pedis (Kutu Air) dengan personal hygiene pada pemulung di TPA Tanjungrejo kudus (p value = 0,018). Kesimpulan dari penelitian ini adalah praktik personal hygiene pemulung yang kurang baik dapat menjadi faktor resiko terjadinya Tinea pedis (Kutu Air).

 

Kata Kunci :  Tinea pedis, Praktik Personal Hygiene, Pemulung di TPA

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 3491 times
Naskah Full Text files downloaded : 508 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v1i2.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats