GAMBARAN CARING PERAWAT DALAM MEMBERIKAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) RSUD RAA SOEWONDO PATI

Emma Setiyo Wulan(1*), Wiwin Nur Rohmah(2),

(1) STIKES Cendekia Utama Kudus
(2) STIKES Cendekia Utama Kudus

(*) Corresponding Author

Abstract


Intensive Care Unit (ICU) adalah ruang rawat rumah sakit dengan staf dan perlengkapan khusus ditunjukan untuk mengelola pasien dengan penyakit, trauma atau komplikasi yang mengancam jiwa. Di ruang Intensive Care Unit  (ICU) juga telah menyediakan  sarana dan prasarana serta peralatan khusus dengan menggunakan keterampilan staf medik dan perawat yang berpengalaman dalam memberikan asuhan keperawatan secara intensif.Pelayanan rumah sakit hakekatnya adalah memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat selaku pemakai jasa pelayanan kesehatan. Bila kebutuhan mayarakat ( pasien) belum terpenuhi, misalsikapperawat yang dinilaikurangcaringdengan pasien sehingga pasien akan merasa kurang puas. Perawatbertanggungjawabterhadappelayanandanasuhan keperawatan yang diberikan kepada pasien.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan mengambil responden  atau kasus yang kebetulan ada atau tersedia. Sampel dalam penelitian iniadalahsejumlah 20perawat.Caring perawat di ruang ICU (Intensive Care Unit) RSUD RAA Soewondo Pati Tahun 2017 sebagian besar baik sebanyak 15 orang (75%), caring cukup 3 orang (15%)  sedangkan yang caring perawat kurang sebanyak 2 orang (10%).Caring perawat di ruang ICU (Intensive Care Unit)  dibutuhkan dalam memberikan asuhan keperawatan.

 

Kata Kunci : Caring perawat, ICU, Asuhan Keperawatan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 4366 times
PDF files downloaded : 623 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v8i2.410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats