Hubungan Pemberian Informed Consent dan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi Elektif di Rumah Sakit Umum dr. R. Soetrasno Rembang

Wahyu Yusianto(1*), Jumini .(2),

(1) 
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Kecemasan merupakan reaksi yang umum dialami oleh pasien yang dirawat di rumah sakit untuk operasi. Respon psikologis ini memerlukan dukungan mental dan sosial  dari keluarga.Perasaan cemas ini hampir selalu didapatkan pada pasien preoperasi yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan atau informasi yang didapatkan terkait dengan operasi.Untuk mengatasi hal tersebut maka dapat diberikan informed consent Perasaan cemas ini hampir selalu didapatkan pada pasien preoperasi yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan atau informasi yang didapatkan terkait dengan operasi.

Rancangan  penelitian dengan menggunakan data kuantitatif dengan menggunakan metode Cross sectional dan menggunakan tehnik Sampling jenuh terhadap 50 responden pada periode bulan mei sampai Juli 2011 di RSU dr R Soetrasno Rembang.Hubungan pemberian informed consent dan dukungan keluarga dengan kecemasan pasien pre operasi elektif di RSU dr. R Soetrasno Rembang dianalisis dengan menggunakan Rank Spearman.

Hasil penelitian menunjukan bahwatidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pasien di RSU dr R Soetrasno Rembang (p value :0,747), ada hubungan antara pemberian informed consent dengan tingkat kecemasan pasien di RSU dr R Soetrasno Rembang (p value:0,000), ada hubungan antara pemberian informed consent dan dukungan keluarga dengan kecemasan pasien di RSU dr R Soetrasno Rembang (p value : 0,003).

Sebagai masukan kepada perawat untuk memberikan kesempatan kepada keluarga untuk memberikan dukungan kepada pasien pre operasi dan memberikan informed consent dengan jelas baik secara lisan maupun tulisan.

Kata Kunci :  Dukungan keluarga, informed consent, kecemasan


Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 856 times
Naskah Full Text files downloaded : 227 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v2i2.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats