Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Pneumokonioses pada Pekerja Pertambangan Batu Kapur di Desa Kedungwinong Sukolilo Kabupaten Pati

Supriyanto .(1*), Risna Endah Budiati(2),

(1) 
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Pneumokonioses adalah penyakit yang disebabkan oleh penimbunan debu-debu dalam paru-paru. Pneumokonioses yang terjadi pada pekerja pertambangan batu kapur adalah silicosis yang disebabkan oleh SiO2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian pneumokonioses pada pekerja pertambangan batu kapur di desa Kedung Winong Sukolilo Kabupaten Pati. Jenis pendekatan penelitian secara cross sectional, dengan jumlah sampel 84  pada pekerja pertambangan batu kapur di desa Kedung Winong Sukolilo Kabupaten Pati. Untuk mengetahui hubungan antar variabel dengan menggunakan analisis bivariat chi square.

Hasil pengukuran pencemaran debu batu kapur di depan alat giling 3,25mg/m3 dandi belakang alat giling 2,25mg/m3. Hasil analisis hubungan pencemaran debu batu kapur dengan kejadian pneumokonioses diperoleh nilai p value: 0,003 dan OR: 13; lama kerja diperoleh nilai p value: 0,007 dan OR: 1,28; dan pemakaian APD(masker) diperoleh nilai p value: 0,003 dan OR: 1,3. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pencemaran debu batu kapur, lama kerja dan pemakaian APD(masker) dengan kejadian pneumokonioses pada pekerja di pertambangan batu kapur Desa Kedungwinong Sukolilo Pati.

Kata kunci : Pencemaran debu batu kapur, lama kerja, APD/masker, pneumokonioses

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 630 times
Naskah Full Text files downloaded : 59 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v2i2.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats