Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Kontrol Gula Darah Penderita Diabetes Melitus di RSUD Kelet Jepara

Nur Handayani(1*), Noor Faidah(2),

(1) 
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Diabetes melitus memiliki prevalensi yang meningkat, di RSUD Kelet Jepara penyakit diabetes melitus selalu masuk dalam peringkat peyakit 10 besar selama 3 tahun yaitu tahun 2011 sampai dengan tahun 2013. Kepatuhan kontrol gula darah merupakan salah satu bentuk perilaku dalam  pencegahan keparahan penyakit diabetes melitus.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penderita diabetes melitus dalam melakukan kontrol gula darah

Metode : Desain penelitian menggunakan deskriptif korelasional pendekatan cross sectional, teknik sampling yang digunakan accidental sampling dengan jumlah sampel 75, Analisis statistik menggunakan chi square.

Hasil : Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pengetahuan, status ekonomi dan dukungan keluarga merupakan faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penderita diabetes melitus dalam melakukan kontrol gula darah.

Rekomendasi: penelitian ini merekomendasikan untuk meningkatkan pengetahuan penderita diabetes melitus, melibatkan keluarga dalam perawatan diabetes melitus dan mensosialisasikan jaminan kesehatan kepada penderita diabetes melitus sehingga kepatuhan menjadi lebih baik.

Kata kunci : analisis faktor, diabetes melitus, kepatuhan

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 427 times
Naskah Full Text files downloaded : 99 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v1i3.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats