EFEKTIFITAS TERAPI MUSIK KLASIK MONZAT DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI PADA ANAK SEKOLAH USIA DASAR

Alvi Ratna Yuliana, Sri Endang Pujiastuti, Elis Hartati

Abstract


Musik klasik monzart , dapat menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri sehingga dapat digunakan untuk  terapi meningkatkan kecerdasan emosi pada anak. Penelitian ini bertujuan melihat efektifitas Pemberian Terapi Musik Klasik monzart  dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi pada Anak Usia sekolah Dasar.penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental design tipe non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan kuisioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon signed ranks test dan Mann-Whitney U test.Hasil penelitian didapatkan bahwa 1) hasil skor total kecerdasan emosi perlakuan pada kelas kontrol dan pada kelas intervensi didapatkan bahwa harga sig adalah 0,001 atau < 0,05, maka Ho ditolak dan Hi diterima. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara skor nilai total kecerdasan emosi pada kelas kontrol dan pada kelas intervensi dengan perlakuan pemberian terapi musik klasik, 2) Berdasarkan hasil uji data analisis didapatkan hasil bahwa nilai p-value kelompok instrument melebihi ?=0,05. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh terapi masik klasik yakni Mozart  terhadap kecerdasan emosional anak usia sekolah. Dalam hal ini nilai  p-value = 0,001 kelompok instrument lebih besar dari ?=0,05, 3)

 

Kata Kunci: Efektivitas Pemberian Musik Klasik, Kecerdasan Emosional, Anak SD


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 160 times
PDF files downloaded : 41 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v9i1.514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats