NURSE SOCIAL SUPPORT TO COPING MECHANISM OF FAMILY MEMBERS OF CRITICAL PATIENTS IN THE INTENSIVE CARE

Merina Widyastuti(1*), Imroatul Farida(2), Novelda Febriyanti(3),

(1) STIKES Hang Tuah Surabaya
(2) STIKES Hang Tuah Surabaya
(3) STIKES Hang Tuah Surabaya

(*) Corresponding Author

Abstract


Keluarga hadir dengan kondisi kelelahan fisik serta psikologis saat mendampingi pasien di ruang Intensive. Fakta tersebut merupakan masalah penting yang harus mendapatkan perhatian perawat dalam mengelola asuhan keperawatan. Dukungan sosial yang tidak diperoleh keluarga, menjadikan keluarga tidak mampu berpikir secara rasional dan menampilkan koping maladaptif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan dukungan sosial perawat dengan mekanisme koping keluarga pasien kritis di ruang intensive. Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel penelitian adalah keluarga pasien sejumlah 108 yang diambil dengan teknik Quota Sampling, antara lain ruang ICU, ICCU, dan HCU. Instrumen penelitian dukungan sosial perawat menggunakan kuesioner CCFNI yang dimodifikasi oleh Nursalam, mekanisme koping menggunakan kuesioner JCS. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara dukungan sosial perawat dengan mekanisme koping keluarga pasien kritis dengan r = 0,000 (r< a = 0,05). Dukungan sosial mayoritas terpenuhi berjumlah 72 (66.7%) dengan rincian 83.3% memiliki koping adaptif, dukungan sosial belum terpenuhi berjumlah 36 (33.3%) dengan rincian 66.7% responden memiliki koping maladaptif. Implikasi penelitian ini adalah peran perawat di ruang intensive mampu mengembangkan perencanaan keperawatan dalam memberikan dukungan sosial baik secara informasi maupun emosional. Rumah sakit diharapkan mampu menyediakan ruang khusus serta jadwal edukasi secara rutin kepada keluarga pasien di ruang intensive.

 

Kata Kunci:     Dukungan Sosial, Mekanisme Koping, Keluarga Pasien Kritis, Ruang Intensive.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 1072 times
PDF files downloaded : 105 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v9i1.515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats