HUBUNGAN ANTARA PERSONAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN KUSTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WONOASRI KABUPATEN MADIUN

Avicena Sakufa Marsanti, Hanifah Ardiani

Abstract


Kusta merupakan penyakit menular yang menyerang kulit. Pada Tahun 2018 Kasus Kejadian Kusta di Indonesia kembali meningkat yakni dari 15910 kasus menjadi 17017 kasus. Selama periode tahun 2015-2016 jawa timur merupakan satu-satunya provinsi di bagian barat Indonesia dengan angka beban Kusta tinggi. Sedangkan Kejadian Kusta pada Wilayah Kerja Puskesmas Wonoasri menduduki peringkat ke – 2 di Kabupaten Madiun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Personal Hygiene dengan Kejadian Kusta. Penelitian Kuantitatif dengan desain penelitian case control, Teknik sampling Simple Random Sampling dengan Jumlah sampel penelitian sebanyak 60 responden yang terdiri dari kelompok kasus dan control. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada Hubungan antara Personal Hygiene dengan Kejadian Kusta dibuktikan dengan nilai p Value = 0,026  (95% CI= 1,320 – 14,504). Personal Hygiene merupakan tindakan pencegahaan individu untuk meningkatkan kesehatan secara mandiri dalam membatasi menyebarnya penyakit menular, terutama yang ditularkan secara langsung dalam hal ini kejadian kusta. Praktek Personal Hygiene yang kurang baik meningkatkan resiko penularan kejadian penyakit kusta.


Keywords


Kusta, Personal Hygiene, Penyakit Menular

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 62 times
PDF files downloaded : 4 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v9i2.590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats