HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP HYGIENE PERSEORANGAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN

Patmawati Patmawati(1*), Sumardi Sumardi(2),

(1) Universitas Al Asyariah Mandar
(2) Universitas Al Asyariah Mandar

(*) Corresponding Author

Abstract


Hygiene perseorangan atau kebersihan perseorangan adalah suatu tindakan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan individu untuk mencapai kesejahteraan fisik maupun psikis. Pemeliharaan hygiene perseorangan sangat menentukan status kesehatan, hal tersebut akan membuat individu secara sadar mencegah terjadinya penyakit. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap terhadap hygiene perseorangan santri di Podok Pesantren Al-Wasilah menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. menggunakan teknik total sampling sebanyak 68 responden menggunakan alat ukur kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan santri terhadap hygiene perseorangan yaitu p=0,000. Santri dengan pengetahuan kurang, Terdapat hubungan antara sikap Santri terhadap hygiene perseorangan yaitu p=0,000. Santri dengan sikap kurang, lebih berisiko tidak berperilaku hidup bersih jika dibanding santri dengan sikap yang cukup. Kesimpulan menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan terhadap higyene perseorangan (p<0,05) terhadap Santri di Pondok Pesantren Al-Wasila tahun dan terdapat hubungan antara sikap terhadap higyene perseorangan (p<0,05) terhadap Santri di Pondok Pesantren Al-Wasila. Dalam hal ini diharapkan kepada santri di Pondok Pesantren Al-Wasila agar lebih memperhatikan kebersihan diri atau hygiene perseorangan. Diharapkan kepada Pembina Pondok Pesantren Al-Wasila sering-sering melakukan pemantauan terhadap santri-santri yang berhubungan dengan hygiene perseorangan.

Keywords


Pengetahuan, Sikap, Hygiene Perseorangan, Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 1084 times
PDF files downloaded : 664 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v9i2.599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats