Hubungan Lama Menderita DM dengan Perilaku Perawatan Kaki Secara Mandiri Untuk Mencegah Ulkus Diabetikum

Renny Wulan Apriliyasari(1*),

(1) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Diabetes Mellitus (DM) atau yang biasa disebut kencing manis merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik gula darah melebihi nilai normal. Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pati jumlah penderita DM meningkat, dengan rata-rata pada 2 tahun 2008-2009 sebanyak 1950 orang. Hasil survey di RSUD RAA Soewondo Pati, penyakit diabetes mellitus menempati peringkat pertama penyakit rawat jalan 2013 dengan 3893 total kunjungan atau sebesar 4,83%. Salah satu hal penting pada pasien DM adalah pencegahan terjadinya ulkus diabetikum, sehingga penting bagi pasien DM untuk memperhatikan perawatan kaki secara mandiri. Perilaku pencegahan tersebut berbeda, tergantung lama menderita DM.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lama menderita DM dengan perilaku perawatan kaki secara mandiri untuk mencegah ulkus diabetikum . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 82 responden yang dipilih secara Accidental Sampling. Untuk menganalisa data menggunakan uji t-independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara lama menderita DM dengan perilaku perawatan kaki secara mandiri untuk mencegah ulkus diabetikum pada pasien DM di RSUD RAA Soewondo Pati.

Kata Kunci : Lama Menderita DM, Perilaku Perawatan Kaki Secara Mandiri

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 1589 times
Naskah Full Text files downloaded : 456 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v2i3.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats