ANALISIS PERILAKU IBU TENTANG CUCI TANGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI RUMAH SAKIT MARDI RAHAYU KUDUS

Ilham Setyobudi, Fitri Pribadiani, Anita Dyah Listyarini

Abstract


ABSTRAK

 

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia.Diare merupakan penyebab kematian nomor dua pada balita, nomor tiga pada bayi dan nomor lima bagi sejumlah umur. Berdasarkan kelompok umur, penderita diare terbanyak pada kelompok umur 1-5 tahun. Banyak faktor yang menyebabkan diare pada balita salah satunya adalah perilaku ibu. Tercatat ada 461 balita yang terkena diare pada tahun 2018 dan setiap tahunnya mengalami peningkatan.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan perilaku ibu tentang cuci tangan dengan kejadian diare pada balita Metode: Jenis penelitian ini adalah desfriptif corelatif dengan rancangan cross sectional. Populasi yang di pergunakan berjumlah 82 dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penggumpulan data menggunakan alat ukur kuesioner.Metode analisa data menggunakan uji chi-quare. PenelitiAan dilakukan di Ruang Anak Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus dari akhir Maret sampai dengan akhir April 2019. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara perilaku ibu tentang cuci tangan dan kejadian diare pada balita (p = 0,000 < 0,05). Simpulan: Dengan mengunakan analisa chi square diperoleh hasil bahwa nilai P value nya 0,000. Jadi menurut standar dalam analisa kesehatan jika nilai P value < 0,05 berarti memiliki  hubungan.

 

Kata Kunci : Perilaku ibu, balita, kejadian diare

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 105 times
PDF files downloaded : 66 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v9i3.624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats