ANALISIS PENGELOLAAN KONDISI FISIK RUANG TERBUKA HIJAU PUBLIK (RTHP) DI KECAMATAN UMBULHARJO

Muhammad Riski Hariyanto, Ahmad Faizal Rangkuti

Abstract


ABSTRAK

 

Ruang terbuka hijau public (RTHP) merupakan kawasan lahan hijau yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersosialisasi, rekreasi, dan ekonomi. Kota Yogyakarta sebagai kota metropolitan dengan intensitas ruang terbangun yang sangat padat hanya memiliki sedikit RTHP, sebagai contoh RTHP Tahunan, Semaki, dan Gajahwong. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengelolaan kondisi fisik, mengetahui pengelolaan, mengetahui vegetasi, mengetahui fasilitas, mengidentifikasi kondisi fisik, mengetahui aksesibilitas, dan mengetahui partisipasi masyarakat yang mana semuanya berada di RTHP Kecamatan Umbulharjo. Jenis penelitian ini menggunakan dekstriptif kualitatis. Pengambilan data wawancara mendalam. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Instrumen penelitian yaitu peneliti, pedoman wawancara, alat tulis, dan rekam. Analisis menggunakan analysis interactive. Pengelolaan RTHP Gajahwong melakukan perawatan setiap hari memiliki petugas 3 personil sedangkan RTHP Tahunan dan Semaki melakukan perawatan 2 hari sekali memiliki petuas 2 personil. Vegetasi ketiga RTHP sudah baik. Fasilitas di RTHP Gajahwong dan Semaki bervariasi dan lengkap seperti adanya area bermain, bangku, sampai tersedianya toilet dan tempat sampah sedangkan RTHP Tahunan sebaliknya. Kondisi fisik terhadap kebersihan di RTHP Gajahwong dan Semaki baik sedangkan RTHP Tahunan sebaliknya, RTHP Gajawong dan Tahunan memiliki akses eksternal yang baik dapat dilewati mobil dan motor sedangkan RTHP Semaki sebaliknya. Partisipasi masyarakat di RTHP Gajahwong dan Semaki baik menjaga dan merawat sedangkan RTHP Tahunan kurang baik. RTHP Gajahwong memiliki perawatan yang lebih rutin daripada RTHP Tahunan dan Semaki. Ketiga RTHP memiliki kondisi vegetasi yang sama. RTHP Gajahwong dan Semaki memliki fasilitas yang lengkap sedangkan RTHP Tahunan sebaliknya. RTHP Gajahwong dan Semaki memiliki fasilitas yang lengkap sedangkan Tahunan sebaliknya. RTHP Gajahwong dan Semaki memiliki kondisi fisik kebersihan yang baik sedangkan Tahunan sebaliknya. Menuju RTHP Gajahwong dan Tahunan bisa dilewati mobil dan motor sedangkan Semaki sebaliknya. Partisipasi masyarakat di RTHP Gajahwong dan Semaki baik sedangkan Tahunan sebaliknya.

 

Kata Kunci: RTHP Gajahwong, RTHP Semaki, RTHP Tahunan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 48 times
PDF files downloaded : 9 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v9i3.625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats