PENGETAHUAN STANDART LABELING TRIAGE DENGAN TINDAKAN KEGAWATAN BERDASARKAN STANDART LABELING TRIAGE

Roihatul Zahroh(1*), Ahmad Hasan Basri(2), Elok Kurniawati(3),

(1) Program Studi Ilmu Keperawatan dan Ners Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Gresik
(2) Program Studi Ilmu Keperawatan dan Ners Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Gresik
(3) Program Studi Ilmu Keperawatan dan Ners Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Gresik

(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Pengetahuan tentang standart labeling triase erat kaitannya dengan tindakan kegawatan berdasarkan standart labeling triase. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengetahuan tentang standart labeling triase dengan tindakan kegawatan berdasarkan standart labeling triase di  Instalasi Gawat Darurat. Metode yang digunakan adalah desain penelitian cross sectional dengan subyek penelitian sebanyak 24 orang dengan metode total sampling di Instalasi Gawat Darurat RSUD Bhakti Dharma Husada. Dengan variabel independen adalah pengetahuan tentang standart labeling triase dilihat dengan kuesioner dan variabel dependen tentang tindakan perawat berdasarkan standart labeling triase dilakukan dengan observasi. Selanjutnya data diolah menggunakan analisis spearman rank corelation dengan signifikasi < 0,05. Hasil penelitian dengan uji statistik spearman’s rho didapatkan nilai signifikan (2-tailed)= 0,002 yang berarti ada hubungan pengetahuan tentang triase. Sedangkan nilai kolerasi = 0,590 artinya ada derajat hubungan kuat antara pengetahuan tentang standart labeling triase dengan tindakan kegawatan berdasarkan standart labeling triase. Dari hasil penelitian ini diharapkan adanya gambaran bagi perawat bahwa begitu besarnya pengaruh pengetahuan dalam penangan penderita gawat darurat. Sehingga termotivasi untuk melakukan tindakan yang lebih baik dengan cara peningkatan pengetahuan dengan diskusi/seminar, pelatihan atau melanjutkan pendidikan formal.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Tindakan Kegawatan, Standart Labeling Triase


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 1049 times
PDF files downloaded : 401 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v9i3.628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats