SINTESIS MEMBRAN SELULOSA TERMODIFIKASI NA2EDTA DARI BAGASE TEBU UNTUK ADSORPSI LOGAM Pb

Rohmatun Nafi’ah(1*), Susan Primadevi(2),

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cendekia Utama kudus
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cendekia Utama kudus

(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Selulosa merupakan bahan dasar membran ultrafiltrasi yang sekarang banyak dikembangkan. Keunggulan selulosa dibandingkan senyawa lain dalam pembuatan membran yaitu senyawa selulosa tersebar secara luas di alam, murah, jumlahnya melimpah, mudah diperoleh, dan dapat mengembang di air. Namun, serat selulosa yang belum dimodifikasi memiliki kemampuan adsorpsi logam berat yang rendah.  Pada penelitian ini dilakukan modifikasi pada membran selulosa dari ampas tebu dengan Na2EDTA yang dijadikan sebagai adsorben yang bertujuan untuk memperoleh daya kemampuan pengikatan logam Pb oleh membran selulosa. Proses pembuatan membran selulosa meliputi tahap Isolasi selulosa, tahap sintesis membran selulosa, dan tahap pencetakan membran. Proses Isolasi selulosa menggunakan metode Sokletasi. Proses sintesis membran selulosa, Serbuk selulosa murni ditimbang sebanyak 2 gram, dimasukkan ke dalam beker glass. Kemudian ditambahkan 20 mL asam sulfat 2 M dan diaduk homogen selama 30 menit sambil dipanaskan di atas hot plate stirrer suhu 45°C. Campuran tadi ditambahkan Na2EDTA sebanyak 52 mg, diaduk homogen selama 20 menit menggunakan magnetic stirrer. Selanjutnya dilakukan uji analisis kualitatif (FTIR) dan Uji kuantitatif dengan kajian adsorpsi membran selulosa terhadap logam Pb. Hasil penelitian didapatkan nilai susut pengeringan simplisia bagase tebu sebesar 59,37%.  Rata-rata penentuan kadar air simplisia bagase tebu dengan replikasi 3 kali adalah 7,461%, Kadar abu simplisia bagase tebu diperoleh sebesar 9,205%. Nilai kapasitas adsorpsi yang paling optimal yaitu pada variasi pH 3 yaitu sebesar 1,875 mg/gram.

 

Kata Kunci: Membran Selulosa, Bagase Tebu, Adsorben, Logam Pb


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 1072 times
PDF files downloaded : 517 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v9i3.635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats