THERAPEUTIC TOUCH DAN TEKANAN DARAH PADA HIPERTENSI

Nailiy Huzaimah(1*), Iva Gamar Dian Pratiwi(2),

(1) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Wiraraja
(2) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Wiraraja

(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Pengukuran tekanan darah merupakan suatu komponen penting dalam penatalaksanaan hipertensi. Secara umum penatalaksanaan hipertensi di Fasilitas Kesehatan Tingkat I di Indonesia masih berfokus pada edukasi perubahan pola hidup dan pemberian terapi farmakologi, belum menerapkan pemberian terapi komplementer untuk menunjang efektifitas terapi farmakologi. Therapeutic touch (TT) merupakan salah satu terapi komplementer jenis terapi energi yang telah dibuktikan memberikan pengaruh yang baik pada kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pemberian TT terhadap tekanan darah sistolik (TDS) dan tekanan darah diastolik (TDD) penderita hipertensi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-post test nonequivalent control group design. Responden penelitian adalah penderita hipertensi di Wilayah Kabupaten Sumenep yang memenuhi kriteria inklusi penelitian. Sampel didapatkan secara consecutive sampling (n=39), selanjutnya dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol (n=19) dan kelompok perlakuan (TT) (n=20). Pengumpulan data dilakukan selama 3 hari pada siang dan malam hari yang meliputi pretest (T0) dan post-test (T1 dan T2). Uji T independen TDS siang T0 antara kelompok kontrol dan TT didapatkan nilai p=0,152. Uji T independen dengan hasil signifikan (p?0,05) ditemukan pada TDS malam T1 (p=0,026), TDS siang T2 (p=0,032), dan TDS malam T2 (p=0,026). Hasil uji komparatif 2 kelompok berpasangan kelompok TT dengan menggunakan Paired T Test didapatkan nilai signifikan hanya pada perbandingan TDD malam T0 dan TDD malam T1 (p=0,022 ? 0,05). Pada kelompok TT, rerata TDS siang T2 menurun dibandingkan TDS siang T1 (?= 4,2 mmHg), rerata TDS malam T2 juga menurun dibandingkan TDS malam T1 (?= 0,45 mmHg). TT memberikan pengaruh penurunan TDS dan TDD pada hari diberikan intervensi (T1) dan hari berikutnya (T2), akan tetapi hasil statistik secara keseluruhan tidak signifikan kecuali pada perbandingan antara TDD malam T0 dan TDD malam T1. Penurunan tekanan darah setelah intervensi TT terjadi secara perlahan dan bertahap selama dua hari sejak diberi intervensi, tidak memberikan efek penurunan yang besar dan drastis.

Kata Kunci: therapeutic touch, terapi sentuh, tekanan darah, hipertensi, terapi energi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 2607 times
PDF files downloaded : 442 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v10i1.698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats