KORELASI PARITAS DENGAN KEMAMPUAN IBU POST PARTUM DALAM MERAWAT BAYI BARU LAHIR

Ervin Zulianti(1*), Umi Aniroh(2),

(1) Universitas Ngudi Waluyo
(2) Universitas Ngudi Waluyo

(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Angka kematian bayi di dunia maupun di Indonesia masih tinggi khususnya di Jawa Tengah.  Kemampuan ibu sangat penting dalam perawatan bayi untuk kesehatan bayi. Kemampuan ibu merawat bayi bisa dipengaruhi oleh faktor paritas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan paritas dengan kemampuan merawat bayi baru lahir pada ibu post partum.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan  cross sectional,menggunakan alat pengumpul data berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini ibu post partum. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dengan 64 responden. Analisis data dilakukan dengan uji kendall’s tau.  Hasil penelitian menunjukan sebagian besar responden dengan paritas primipara sebanyak 34 responden (53,1%) dan sebagian besar responden mempunyai kemampuan merawat bayi baru lahir dalam kategori kemampuan baik sebanyak 56 responden (87,5%). Hasil uji statistik dengan kendall’s tau diperoleh nilai p-value 0,005 (?=0,05). Dari analisis  statistik  tersebut menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara paritas dengan kemampuan merawat bayi baru lahir di Wilayah Kerja Puskesmas Kranggan.

 

Kata kunci : Paritas, Kemampuan merawat bayi baru lahir


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 517 times
PDF files downloaded : 206 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v10i1.706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats