PERILAKU KELUARGA DALAM PENCEGAHAN TRANSMISI COVID-19 DI WILAYAH URBAN DAN RURAL DI JAWA TIMUR

roesalina citra dewi(1*), Hidayatus Sya'dayah(2), Dhian Satya Rachmawati(3), Sri Suhardiningsih(4),

(1) Stikes Hang Tuah Surabaya
(2) Stikes Hang Tuah Surabaya
(3) Stikes Hang Tuah Surabaya
(4) Stikes Hang Tuah Surabaya

(*) Corresponding Author

Abstract


Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) merupakan penyakit jenis baru yang menyerang saluran pernapasan. Peningkatakan angka kejadian Covid-19 sebagian berasal dari klaster baru, yaitu klaster keluarga. Kemunculan klaster ini sangat berbahaya karena penularan telah masuk ke unit terkecil masyarakat, yaitu keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuan apakah terdapat perbedaan perilaku keluarga dalam pencegahan transmisi Covid-19 di wilayah urban dan rural di Jawa Timur. Desain penelitian menggunakan analitik komparatif. Populasi penelitian adalah seluruh keluarga di Jawa Timur. Sampel penelitian sebanyak 393 responden, meliputi 282 responden di wilayah urban dan 111 di wilayah rural. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah perilaku keluarga. Instrumen yang digunakan menggunakan kuesioner yang disebar menggunakan link google forms yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan Analisa uji beda Independent T-test. Berdasarkan analisis data menggunakan uji beda Independent T-test, pengetahuan keluarga di wilayah urban dengan wilayah rural tidak terdapat perbedaan dengan nilai ?=0,766, sikap keluarga di wilayah urban dengan wilayah rural terdapat perbedaan dengan nilai ?=0,007 dan tindakan keluarga wilayah urban dengan wilayah rural terdapat perbedaan dengan nilai dan ?=0,000. Pengetahuan dan sikap yang baik mempengaruhi tindakan. Sehingga, tindakan yang baik akan membentuk suatu perilaku keluarga dalam pencegahan transmisi Covid-19. Diharapkan keluarga selalu menerapkan protokol kesehatan, sehingga meminimalisir terjadi penularan Covid-19 di keluarga.


Keywords


Covid-19, perilaku, keluarga urban; keluarga rural; protokol kesehatan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 331 times
PDF files downloaded : 60 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v10i3.841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats