PERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT PADA KELUARGA DENGAN TUBERCULOSIS(TBC) DI KABUPATEN KLATEN: STUDY FENOMENOLOGI

Istianna Nurhidayati(1*), Marchiastuti Fitrianingrum(2),

(1) 
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Peningkatan jumlah penderita TB disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya jarak antara rumah pasien ke Puskesmas. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah salah satunya kunjungan rumah. Program tersebut diharapkan dapat membantu menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat TB Paru. Tujuan penelitia mendapatkan arti dan makna pengalaman perawat  Perkesmas dalam memberikan asuhan keperawatan pada keluarga dengan TB. Metode menggunakan disain kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan dari 6 partisipan dengan menggunakan proporsive sampling di kabupaten Klaten. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam pada partisipan. Hasil penelitian diperoleh enam tema, yaitu emosi perawat pada keaadaan keluarga dengan TB, dukungan informatif, dukungan emosional dan dukungan instrumen merupakan dukungan yang diberikan perawat pada keluarga dengan TB, harapan perawat pada dinas kesehatan dan harapan perawat pada keluarga dengan TB. Kesimpulan perawat perkesmas harus melakukan kunjungan keluarga dengan TB untuk memberikan asuhan keperawatan dan dukungan pada keluarga dengan TB.

Keywords: pengalaman perawat, asuhan keperawatan, tuberculosis Paru

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 2989 times
Naskah Full Text files downloaded : 1777 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v2i4.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats