Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Tekanan Darah di Desa Gunung Wungkal Kecamatan Gunung Wungkal Kabupaten Pati

Agus Pujiyanto(1*), Heriyanto Nugroho(2), Anita Dyah Listyarini(3),

(1) 
(2) 
(3) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Hipertensi timbul akibat adanya beberapa faktor diantaranya hiriditer, asupan garam yang berlebih, aktivitas, konsumsi alkohol, dan psikologi yang kemudian menimbulkan peningkatan tekanan darah. Data yang di dapat tiga bulan terakhir dari Puskesmas Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati terdapat 403 orang penderita hipertensi 34 orang diantaranya adalah penduduk Desa Gunungwungkal kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh terapi musik klasik terhadap penurunan tekanan darah. Jenis penelitian ini menggunakan quasy- eksperimen dengan rencana one group pre test dan post test design. Pengumpulan data menggunakan pengukuran tekanan darah sebelum dan sesudah terapi musik klasik pada tanggal 3 Agustus 2011 dengan quota sampling 75 responden dengan menggunakan uji Wilcoxon atau uji dua kelompok dependen.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh dengan penurunan tekanan darah dengan nilai p value 0,001 (p value < 0,05).


Full Text:

Download PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 2931 times
Download PDF files downloaded : 529 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v1i1.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats