PERAWATAN KULIT DENGAN MINYAK ZAITUN DAN MINYAK ALMOND MENURUNKAN STATUS RISIKO DEKUBITUS

amin - samiasih, Dewi Sinta Windya Kustina, Ali Rosidi

Abstract


ABSTRAK

 

Dekubitus adalah kerusakan lokal pada kulit atau jaringan di bawahnya akibat tekanan atau tekanan dan gesekan. Dekubitus mempengaruhi kualitas hidup, morbiditas dan mortalitas pasien; biaya kesehatan dan rawat inap akibat adanya luka. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh perawatan kulit dengan minyak zaitun dan minyak almond terhadap status dekubitus. Penelitian ini adalah penelitian quasy-experiment dengan rancangan two groups pretest-posttest design, kelompok pertama mendapatkan perlakuan perawatan kulit dengan minyak zaitun dan kelompok kedua mendapatkan perawatan kulit dengan minyak almond. Responden pada penelitian ini ada 34 pasien yang dirawat di rumah sakit Roemani Muhammadiyah Semarang, responden ditentukan berdasarkan kriteria inklusi yaitu pasien tirah baring yang rawat inap lebih dari 12 jam. Responden menerima perawatan kulit di area bokong dengan dioleskan 4cc minyak zaitun atau minyak almond dua kali sehari (pagi dan sore hari setelah sibin) selama tiga hari, minyak dioleskan secara lembut dengan gerakan tangan satu arah atau sirkuler. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner karakteristik responden dan penilaian status dekubitus menggunakan skala braden. Data dianalisis dengan independent t-test. Hasil penelitian ada perbedaan status dekubitus sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok minyak zaitun dan minyak almond. Rata-rata kenaikan skor status dekubitus pada kelompok minyak zaitun 2,41 ± 1,460 dan kelompok minyak almond 1,47 ± 1,068 (р <0,05). Rerata kenaikan skor status dekubitus kelompok minyak zaitun lebih tinggi dibandingkan kelompok minyak almond. Simpulan minyak zaitun dan minyak almond efektif dalam menurunkan status risiko dekubitus. Disarankan menggunakan minyak zaitun, karena hasil penelitian menujukkan minyak zaitun lebih efektif meningkatkan skor status dekubitus atau menurunkan status risiko dekubitus.

 

Kata Kunci: Minyak almond; Minyak zaitun; Perawatan kulit; Status risiko dekubitus


Keywords


Almond oil; Olive oil; Skincare; decubitus risk status

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 84 times
PDF files downloaded : 10 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v11i1.1000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats