HUBUNGAN MACAM RUJUKAN KEGAWATDARURATAN DENGAN KELUARAN MATERNAL NEONATAL DALAM MASA PANDEMI COVID-19

Hinda Novianti, Yati Isnaini Safitri, Annif Munjidah

Abstract


ABSTRAK

 

Kasus kegawatdaruratan maternal dapat terjadi setiap saat selama proses kehamilan, persalinan dan masa nifas, seperti kasus preeklampsia/eklampsia, perdarahan, sepsis, dan lain-lain. Pada tahun 2020 Angka Kematian Ibu di Jawa Timur mencapai 89,81 per 100.000 kelahiran hidup. Namun banyaknya kasus covid 19 di masa pandemi saat ini bisa  memicu pasien dan keluarga takut bahkan menolak untuk dirujuk ke rumah sakit. Keterlambatan rujukan masih menjadi penyebab non obstetrik kematian ibu dan bayi di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh macam rujukan kegawatdaruratan maternal terhadap keluaran maternal neonatal. Desain dalam penelitian ini adalah analitik observasional dengan metode cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Klinik Jasmine dan PMB Nanik pada bulan Januari sampai Juni 2021. Sampelnya adalah ibu hamil, bersalin dan nifas yang mengalami kegawatdaruratan obstetric sebanyak 47 responden. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan metode total sampling. Pengumpulan data menggunakan rekam medis dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji chi square. Hasil Asimp.Sig 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak, artinya terdapat hubungan antara Macam Rujukan dengan Keluaran Maternal Neonatal . Dari 47 responden, sebagian besar rujukan tepat waktu dan sebagian besar ibu dan bayi lahir kondisi sehat. Artinya meskipun kondisi pandemic covid membuat masyarakat takut untuk dirujuk ke rumah sakit, namun kesadaran mereka untuk mengikuti anjuran petugas kesehatan demi keselamatan ibu dan bayi cukup tinggi. Untuk itu sangat diperlukan penyuluhan kepada masyarakat luas akan pentingnya pengambilan keputusan yang cepat dan tepat pada kasus kegawatdaruratan pada kehamilan, persalinan dan nifas.

 

Kata Kunci: Rujukan; Maternal; Neonatal

Keywords


Rujukan; Maternal; Neonatal

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 166 times
PDF files downloaded : 22 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v11i1.1041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats