Penerapan Terapi Mindfulness dalam Menurunkan Tingkat Stres Mahasiswa Tingkat Akhir

Alvi Ratna Yuliana, Wahyu Safitri, Yulia Ardianti

Abstract


Stres merupakan gangguan mental yang sering dialami seseorang karena adanya tekanan yang muncul dari kecemasan yang sangat berlebihan, hal tersebut sering dialami oleh mahasiswa khususnya pada mahasiswa tingkat akhir. Salah satu penyebab stress yang biasanya di alami mahasiswa tingkat akhir yaitu penyusunan tugas akhir ataupun skripsi. Intervensi non farmakologi dalam penurunan stres dengan penerapan terapi maindfulness dimana merupakan latihan yang dapat dilakukan seseorang untuk mengetahui kondisitentang kondisi pada masa itu, pikiran, dan perasaan yang sedang dialami pada situasi saat ini,serta dapat membantu dan memfokuskan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Tujuan studi kasus ini untuk menggambarkan tindakan terapi mindfulness untuk menurunkan tingkat stres pada mahasiswa akhir. Metode Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan pendekatan pre dan posttest nonequivalent control group.subjek penelitian terdiri dari 80 responden yang di bagi dalam kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Data diperoleh melalui angket dengan menggunakan model Skala Likert dengan menggunakan pengisisan kuesioner PSS yang diberikan pre dan post terapi kemudian dianalisis menggunakan skor ideal dan uji Wilcoxon signed ranks test menganalisis perbedaan skor stres pre dan post-test menghasilkan nilai  sig 1,000 > 0,05 pada kelompok kontrol dan pada kelompok intervensi menunjukan  menunjukkan nilai 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa terapi mainfulness dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam megurangi stress pada mahasiswa.


Keywords


penerapan terapi mindfulness; stres; mahasiswa tingkat akhir

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 45 times
PDF files downloaded : 4 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v11i2.1117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats