LITERATURE REVIEW: FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DEPRESI DI MASA PANDEMI COVID-19

Jihan Aulia -(1*), Dwi Handayani -(2), Satriya Wijaya -(3), Abdul Hakim Zakkiy Fasya -(4),

(1) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
(3) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
(4) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi merupakan dampak yang besar bagi kehidupan manusia terutama bagi kesehatan mental masyarakat. WHO melaporkan bahwa tingkat prevalensi depresi secara global mengalami peningkatan sebanyak 25% pada tahun pertama pandemi Covid-19. Tujuan dari penulisan pustaka ini adalah untuk mengkaji faktor yang berhubungan dengan depresi di masa pandemi Covid -19. Penelitian ini termasuk dalam kategori literature review dengan jenis Traditional Literature Review . Pengolahan data pada penelitian menggunakan metode ilustratif. Proses pencarian artikel menggunakan database Google Scholar mulai dari rentang waktu 2019-2021.Pada proses pencarian artikel menggunakan 2 kata kunci yaitu faktor yang mempengaruhi depresi pada pandemi dan penurunan kehilangan pendapatan selama covid. Hasil penelitian ini diperoleh sebanyak 22 artikel yang paling relevan dengan topik yang dibahas. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara faktor perbaikan, individu yang memiliki riwayat penyakit kronis, individu bersama anggota keluarga atau kerabat yang memiliki riwayat Covid-19, individu yang memiliki riwayat kesehatan sebelumnya, dan kehilangan pendapatan dengan kejadian depresi di masa pandemi Covid- 19 -19.Simpulan dari penelitian ini yaitu faktor yang dipilih dengan rentang 1,33-8, individu yang memiliki riwayat penyakit kronis dengan rentang 1,23-2,66, individu bersama anggota keluarga atau kerabat yang memiliki riwayat Covid-19 dengan rentang 1,3 -3,38, faktor individu yang memiliki riwayat mental sebelumnya dengan rentang 0,42-12,99, dan penurunan pendapatan dengan rentang 1,25-2, 66 berkontribusi terhadap kejadian depresi di masa pandemi Covid-19. Individu yang memiliki gejala depresi segera melaporkan kepada tenaga (psikolog/psikiater) dan bagi tenaga kesehatan dapat melakukan pemantauan setiap minggu terkait dengan keadaan psikologis yang dialami masyarakat, pada kelompok rentan.

Keywords


Depresi, Hubungan, Literature Review, Masa Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 109 times
PDF files downloaded : 20 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v12i2.1124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats