Kajian Potensi Ketoksikan Akut dan Gambaran Histopatologi Organ yang Timbul dari Penggunaan Jamu Pelancar Menstruasi

Annik Megawati(1*),

(1) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Jamu pelancar menstruasi adalah suatu jamu yang mengandung ekstrak akar tumbuhan dan rempah-rempah berkhasiat, yang dikemas praktis sehingga mudah dan nyaman pemakaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi ketoksikan akut jamu pelancar menstruasi yang dinyatakan dengan LD50 serta gambaran histopatologi organ terhadap hewan uji. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan acak lengkap pola searah yang menggunakan hewan uji sebanyak 40 ekor mencit betina, dibagi secara acak menjadi 5 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 8 ekor mencit betina galur DDY. Peringkat dosis yang diberikan dari dosis terendah sampai dosis tertinggi yaitu 2,188 g/kg BB, 4,375 g/kg BB, 8,750 g/kg BB, 17,500 g/kg BB sedangkan kelompok kontrol diberi aquades. Potensi ketoksikan akut tidak dapat ditentukan karena tidak dijumpai kematian hewan uji sampai akhir pemberian sediaan uji, sehingga dosis tertinggi (17,500 g/kg BB) yang bisa diberikan pada hewan uji dinyatakan sebagai LD50semu, yang menurut kriteria Loomis (1978) mempunyai makna relatif kurang berbahaya. Pemberian suspensi jamu pelancar menstruasi tidak mempengaruhi perilaku hewan uji. Hasil pemeriksaan histopatologis menunjukkan adanya perubahan pada beberapa organ yaitu: ginjal mengalami infi ltrasi sel radang (medulla), uterus mengalami kongesti dan infi ltrasi sel radang. Namun pemberian suspensi jamu pelancar menstruasi tidak mempengaruhi organ hati.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 572 times
PDF files downloaded : 70 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v2i1.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats