HUBUNGAN LAMA KERJA DAN MASA KERJA DENGAN KEJADIAN LBP PADA PETANI KARET

Sri Wahyuningsih Herawati(1), Cicilia Nony Ayuningsih Bratajaya(2*),

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus

(*) Corresponding Author

Abstract


Low Back Pain (LBP) merupakan ganguan muskuloskeletal yang banyak dikeluhkan oleh petani karet. Kegiatan seperti membungkuk,  mengangkat, bekerja dengan posisi tubuh yang salah dan mempertahankannya dalam jangka waktu yang lama merupakan faktor terjadinya penyakit akibat kerja yang disebabkan LBP. Kesehatan kerja petani karet perlu mendapatkan perhatian agar tercapai produktivitas kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama kerja dan masa kerja dengan kejadian LBP pada petani karet. Studi kuantitatif ini menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, melibatkan 126 petani karet di Kecamatan Megang Sakti. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dan uji statistik menggunakan Kendals Tau-b. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar petani karet di Kecamatan Megang Sakti bekerja ? 10 tahun yaitu sebesar 68,3% (86 petani), sebanyak 60,3% (76  petani) bekerja< 5 jam per hari dan sebanyak 48,4% (61 petani) mengeluh LBP akut dan 51,6% (65 petani) mengeluh LBP kronik. Analisa bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara masa kerja (p-Value =0,010) dan lama kerja (p-Value =0,002) dengan kejadian LBP. Untuk itu diperlukan peningkatkan usaha preventif kesehatan kerja  terkait posisi tubuh yang tepat saat bekerja pada petani karet yang memiliki masa kerja dan lama kerja yang panjang.

Kata kunci: LBP, kesehatan kerja, petani karet


Keywords


LBP; kesehatan kerja; petani karet

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 338 times
PDF files downloaded : 73 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v11i3.1206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats