ACUPRESSURE TITIK P6 (NEI GUAN) MAMPU MENURUNKAN FREKUENSI MUAL MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER 1

Nikmatul Khayati(1*), Agustin Dwi Saputri(2), Machmudah Machmudah(3), Sri Rejeki(4),

(1) Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Universitas Muhammadiyah Semarang
(4) Universitas Muhammadiyah Semarang

(*) Corresponding Author

Abstract


Pendahuluan: Perubahan hormonal pada awal kehamilan memicu terjadinya mual bahkan muntah terutama pada pagi hari (emesis gravidarum). Adanya peningkatan muntah ini mengakibatkan dehidrasi, syok hypovolemi, anemia, bahkan abortus. Upaya untuk mengurangi Emesis gravidarum melalui terapi non farmakologi seperti pemberian pemijatan (acupressure) pada titik P6 (Nei Guan). Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh acupressure pada titik P6 (Nei Guan) terhadap frekuensi mual muntah ibu hamil trimester pertama. Metode: Metode Quasi Eksperimen, One group pre-posttest design. Sampling menggunakan Purposive Sampling pada 24 ibu hamil Trimester pertama di Klinik Pratama Kusuma Husada Klaten yang mengalami mual muntah, tidak ada riwayat gastritis, anemia, dan tidak mengkonsumsi obat anti muntah (emetic). Pengukuran mual muntah menggunakan Indeks of Nausea, Vomiting and Retching (INVR). Pemijatan pada titik P6 dilakukan selama 7 menit setiap pagi, selama 4 hari. Hasil: Analisis penelitian menggunakan uji T-test Dependent, diperoleh hasil signifikansi P Value 0,000; menunjukkan bahwa  nilai P<0,05. Kesimpulan: Ada pengaruh Acupressure Pericardium 6 (P6) terhadap frekuensi mual muntah pada ibu hamil trimester pertama. Penekakan pada titik P6 dapat merangsang Chemoreceptor trigger zone sehingga merangsang aktivitas neurotransmitter mengeluarkan  Beta endorpin di hipofise. Beta endorpin merupakan salah satu antiemetik endogen yang dapat menghambat impuls mual muntah di pusat muntah dan pada Chemoreceptor trigger zone. Treatment ini dapat dilaksanakan secara mandiri setiap saat jika merasakan mual.

 

Kata Kunci: Emesis Gravidarum, Acupressure Titik P6


Keywords


Emesis Gravidarum;Acupressure Titik P6

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 528 times
PDF files downloaded : 75 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v11i3.1208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats