LITERATURE REVIEW: KOMPRESI DADA MEKANIS DAN KOMPRESI DADA MANUAL PADA PASIEN DENGAN HENTI JANTUNG

Wahadi S.Kep, Ns(1*), Rr. Tutik Sri Hariyati(2), Prima Agustina Nova(3),

(1) RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan
(2) Keperawatan Dasar Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia
(3) Departemen Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Resusitasi jantung paru merupakan tindakan darurat kompresi dada dan ventilasi. Kedalaman dan kecepatan kompresi dada sangat berpengaruh terhadap kualitas resusitasi jantung paru (RJP). Kompresi dada dapat dilakukan secara mekanis dan manual. Tujuan: studi ini bertujuan untuk mengetahui kompresi dada mekanis dan kompresi dada manual pada pasien henti jantung. Metode: metode yang digunakan dalam studi ini adalah review artikel yang dipublikasikan di database elektronik yaitu PubMed, Google Scholar, ScienceDirect dalam rentang tahun 2017-2022. Kata kunci yang digunakan adalah kompresi dada mekanis, kompresi dada manual, henti jantung, resusitasi jantung paru. Hasil: dari 18 artikel yang di review dalam studi ini lima dari tujuh artikel menunjukkan tidak ada perbedaan kompresi dada mekanis dan kompresi dada manual terhadap kembalinya sirkulasi spontan (ROSC), 3 artikel menunjukkan tidak ada perbedaan dalam cedera yang ditimbulkan akibat RJP, 3 artikel menunjukkan tidak ada perbedaan terhadap hasil neurologis dan prognostik. Pada saat transportasi pasien, 3 artikel menunjukkan penggunaan kompresi dada mekanis lebih bisa mempertahankan RJP yang berkualitas tinggi daripada kompresi dada manual. Sementara itu ada 1 artikel menunjukkan biaya yang lebih besar pada penggunaan kompresi dada mekanis dan 1 artikel menunjukkan pengosongan dan pengisian ventrikel kanan yang lebih efektif pada penggunaan kompresi dada mekanis. Kesimpulan: Resusitasi jantung paru menggunakan kompresi dada mekanis tidak lebih baik dari kompresi dada manual, namun pada saat transportasi pasien RJP menggunakan kompresi dada mekanis lebih dapat mempertahankan RJP yang berkualitas tinggi dibandingkan dengan kompresi dada manual.

Kata Kunci: Kompresi dada mekanis, kompresi dada manual, resusitasi jantung paru, henti jantung


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 308 times
PDF files downloaded : 177 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v12i3.1259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats