PENGGUNAAN MOBILE APPLICATIONS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP PASIEN SELAMA PANDEMI COVID-19

Maria Devi Novarita(1*),

(1) Universitas Indonesia Magister Keperawatan Keperawatan Medikal Bedah

(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi COVID-19 telah menjadi bencana kesehatan dan krisis ekonomi global pada semua sektor kehidupan. Kondisi tanggap darurat kesehatan tingkat tinggi dan lockdown diluncurkan secara serentak yang menyebabkan krisis kesehatan dan ekonomi pada banyak negara. Selama masa-masa yang sangat meresahkan ini, memanfaatkan teknologi adalah salah satu cara untuk memotong hambatan untuk menjangkau individu yang membutuhkan. Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui apakah aplikasi internet bisa diterapkan pada pasien COVID-19 untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah literature review yang sesuai dengan penggunaan aplikasi internet pada pasien COVID-19. Aplikasi selular dianggap sebagai alat yang berharga dalam menghadapi tantangan kritis yang ditimbulkan oleh pandemi. Penggunaan aplikasi berbasis teknologi memiliki peran dan manfaat yang sangat besar dalam meningkatkan sistem perawatan kesehatan selama kondisi lockdown, di tengah berbagai keterbatasan dan hambatan. Maka perlu senantiasa dikembangkan lagi model sistem kesehatan “cerdas” yang dapat meningkatkan kualitas hidup pasien di era new normal.

 

Kata kunci : COVID-19, mobile application, pandemi, kualitas hidup


Keywords


COVID-19, mobile application, pandemi, kualitas hidup

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 82 times
PDF files downloaded : 55 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v12i3.1280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats