KEMANDIRIAN LANSIA DENGAN KECEMASAN DALAM PEMENUHAN AKTIVITAS SEHARI-HARI

Patria Asda(1*), Jusandri Wawo(2),

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Husada yogyakarta
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Husada yogyakarta

(*) Corresponding Author

Abstract


Meningkatnya angka harapan hidup pada lansia akan berdampak pada peningkatan populasi lansia, yang juga akan berpotensi menimbulkan permasalahan pada lansia  itu sendiri, seperti masalah ekonomi, budaya serta kesehatan fisik dan jiwa. Permasalahan yang muncul pada lansia  akan menimbulkan kecemasan yang jika berlebihan akan mempengaruhi kemandirian lansia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama pada lansia di Dusun Karanglo Purwomartani sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi tingkat kecemasan yang dirasakan lansia dengan kemandirian dalam melakukan aktivitas sehari-hari di Dusun Karanglo Purwomartani Sleman. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 responden yang diambil dengan purposive sampling.. Analisa data yang digunakan adalah uji statistik spearman rank untuk mengetahui hubungan antara 2 variabel. Berdasar hasil penelitian sebagian besar lansia mengalami tingkat kecemasan ringan  sebesar 32,7% atau sebanyak 17 orang, kecemasan sedang 67,3% atau sebanyak 35 orang, sedangkan kemandirian lansia masuk dalam kategori mandiri sebesar 50% dan sisanya tergantung terhadap orang lain sebesar 50%. Analisis dengan uji spearman rank menghasilkan nilai p>0,05  (p = -.205 > 0,05), sehingga Ho diterima dan artinya penelitian ini tidak memiliki hubungan yang bermakna secara statistik antara kecemasan terhadap kemandirian lansia di Dusun Karanglo Purwomartani Sleman Yogyakarta.


Keywords


Kecemasan lansia; kemandirian lansia

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 30 times
PDF files downloaded : 7 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v13i1.1354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats