Kemandirian Dalam Melakukan Aktivitas Sehari-hari pada Pasien Rheumatoid Atritis

Renny Wulan Apriliyasari(1*), Emma Setiyo Wulan(2),

(1) 
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Rheumatoid artritis adalah penyakit autoimun yang ditandai oleh sinovitis erosif yang simetris pada beberapa kasus disertai keterlibatan jaringan ekstraartikular. Keadaan rheumatoid artritis akan berakibat pada berbagai masalah pada pasien terutama adalah keadaan nyeri pada persendian. Jika seseorang menderita nyeri maka akan mempengaruhi fisiologis dan psikologis dari orang tersebut, salah satu diantaranya adalah gangguan pola aktivitas sehari-hari. Menurut Zivkovic,N. et all(2009) sebanyak 22% mengalami penurunan fungsi setiap harinya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karateristik kemandirian pasien rheumatoid artritisdalam melakukan aktivitas sehari-hari Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 68 responden yang dipilih secara Accidental Sampling. Untuk menganalisa data menggunakan uji univariat Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 39 orang (57,4%) memiliki ketergantungan ringan yaitu sedangkan 29 orang (42,6%) memiliki kemandirian total dalam melakukan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menunjukkan penurunan kemampuan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari merupakan masalah yang perlu diperhatikan dan dilakukan penatakasanaan dengan baik pada pasien artritis rheumatoid.

Kata Kunci : Rheumatoid Atritis, kemandirian dalam melakukan aktivitas sehari-hari

Full Text:

Naskah Fulltext

Article Metrics

Abstract viewed : 2276 times
Naskah Fulltext files downloaded : 2687 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v1i5.146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats