ANALISIS PERESEPAN OBAT ANTIDIABETIK ORAL PADA RESEP BPJS DI APOTEK HUSADA FARMA KABUPATEN KUDUS FEBUARI 2016

Dian Arsanti Palupi(1*), Nufika Musyafaah(2),

(1) 
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Penatalaksanaan diabetes mempunyai tujuan akhir untuk menurunkan morbiditas dan mortalitas, yang secara spesifik ditujukan untuk mencapai 2 target utama, yaitu menjaga agar kadar glukosa plasma berada dalam kisaran normal dan mencegah atau meminimalkan kemungkinan terjadinya komplikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui distribusi penggunaan obat antidiabetik oral tunggal dan kombinasi pada resep BPJS di apotek Husada Farma Kudus pada periode Februari 2016. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan deskriptif dan data diambil secara retrospektif dari 185 lembar resep yang memenuhi kriteria inklusi. Data disajikan dalam bentuk tabel dan grafik yang dianalisa dengan microsoft office. Hasil penelitian diperoleh bahwa lembar resep pasien wanita lebih banyak dibandingkan dengan lembar resep laki-laki. Rata-rata usia pasien penderita DM adalah diatas 40 tahun sejumlah 97%. Metformin adalah obat antidiabetik oral yang paling banyak diresepkan sejumlah 76% atau 141 lembar resep. Peresepan obat antidiabetik oral lebih banyak dalam bentuk kombinasi dibandingkan dengan peresepan tunggal. Terdapat 147 lembar resep atau 70,5% dari total resep adalah bentuk kombinasi . Kombinasi terbanyak adalah kombinasi antara obat Antidiabetik oral dari golongan Biguanid (Metformin) dengan Antidiabetik oral golongan Sulfonilurea (Glicab, Glucodex, Glimepirid, Glicazid, Glugepatic, Diamicron)  yaitu sejumlah 68 lembar resep.

Kata Kunci: Resep BPJS, Resep tunggal dan kombinasi, antidiabetik oral


Full Text:

Naskah Fulltext

Article Metrics

Abstract viewed : 1331 times
Naskah Fulltext files downloaded : 933 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v1i5.149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats