Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Rawat Inap Amarilis Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati

Emma Setiyo Wulan(1*),

(1) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Kepuasan pasien rawat inap di Ruang Amarilis mengalami penurunan dan selalu di bawah target, karena target kepuasan pasien rawat inap tiap bulan adalah 95%. Dengan demikian dapat dikatakan loyalitas konsumen terhadap Ruang Amarilis RS Keluarga Sehat Pati juga menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan dan loyalitas pasien di Rawat Inap Amarilis Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati. Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah studi korelasi (Correlational study) dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien di Rawat Inap Amarilis Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati Tahun 2012 Bulan April, Mei dan Juni Tahun 2012 sebanyak 140 pasien, rata-rata tiap bulan sebanyak 47. Analisa menggunakan rank spearmant. Kualitas Pelayanan di Rawat Inap Amarilis sebagian besar baik sebanyak 41 orang (87,2%) dan mutu pelayanan kurang tidak ada. Kepuasan pasien di Rawat Inap Amarilis , sebagian besar baik sebanyak 41 orang (87,2%) dan kepuasan pasien kurang tidak ada. Loyalitas pelanggan di Rawat Inap Amarilis sebagian besar loyalitas tinggi sebanyak 36 orang (76,6%) dan tidak ada loyalitas hanya 2 orang (4,3%). Ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Rawat Inap Amarilis Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati ( p value = 0,000). Ada hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan di Rawat Inap Amarilis Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati ( p value = 0,000). Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Rawat Inap Amarilis Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati. Ada hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan di Rawat Inap Amarilis Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati.

Full Text:

Download PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 1448 times
Download PDF files downloaded : 269 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v2i1.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats