EFEKTIFITAS PRETEND PLAY TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK DENGAN RETARDASI MENTAL

Fiki Wijayanti(1*), Natalia Devi Oktarina(2),

(1) Universitas Ngudi Waluyo
(2) S1 Keperawatan,Universitas Ngudi Waluyo

(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa yang dipelajari dan dikuasai anak dapat dilihat dari kemampuan berbahasa yang dimilikinya. Selama masa ini, kemampuan yang terbentuk dan berkembang dengan pesat yaitu perkembangan fisik dan kemampuan bahasa. Kemampuan berbahasa merupakan suatu hal yang sangat penting karena dengan bahasa yang digunakan, seorang anak dapat berkomunikasi dan berinteraski dengan teman temannya. Bahasa juga membantu anak untuk meminta dan meraih apa yang diinginkan, melatih kontrol diri dan  berinteraksi dengan orang lain.

Anak-anak retardasi mental juga mengalami kemajuan perkembangan bahasa secara bertahap sama dengan kemajuan perkembangan bahasa teman sebayanya yang normal, tetapi lebih lambat peningkatannya. Salah satu tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak dengan retardasi mental adalah dengan melakukan terapi bermain. Terapi bermain yang dilakukan adalah dengan pretend play. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pretend play terhadap perkembangan bahasa pada anak retardasi mental.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Pre eksperimen design dengan rancangan pretest-post test control group design. Responden pada penelitian ini adalah anak dengan retardasi mental. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Tempat penelitian dilakukan di SLB N Ungaran. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi dan pretend play. Analisa data menggunakan skala parametrik yaitu independent t test dengan p value : 0,017.

Kesimpulan dari penelitian adalah ada efektifitas pretend play terhadap perkembangan bahasa pada anak dengan retardasi mental.

 

Kata Kunci : Pretend Play, anak, retardasi mental, perkembangan bahasa

 

ABSTRAK

The language learned and mastered by children can be seen from the language skills they have. During this time, the abilities that are formed and develop rapidly are physical development and language skills. Language ability is very important because with the language used, a child can communicate and interact with his friends. Language also helps children to ask for and get what they want, practice self-control and interact with others.

Mentally retarded children also experience the same gradual progress in language development as their normal peers' language development progress, but the increase is slower. One of the actions taken to improve language skills in children with mental retardation is to do play therapy. Play therapy is done with pretend play. This study aims to determine the effectiveness of pretend play on language development in mentally retarded children.

This study used a quantitative approach, the research design used in this study was a pre-experimental design with a pretest-posttest control group design. Respondents in this study were children with mental retardation. The sampling technique used is purposive sampling. The location of the research was at SLB N Ungaran. The variables in this study are communication skills and pretend play. Data analysis used a parametric scale, namely independent t test with p value: 0.017.

The conclusion of the study is that there is an effectiveness of pretend play on language development in children with mental retardation.

 

Keyword : Pretend Play, children,mental retardation, language development


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 230 times
PDF files downloaded : 105 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v12i2.1557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats