I LOVE YOU (ILY) MASSAGE TERHADAP KEJADIAN KONSTIPASI PADA BALITA

Ratna Ariesta Dwi Andriani(1*), Yasi Anggasari(2), Ika Mardiyanti(3),

(1) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
(3) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

(*) Corresponding Author

Abstract


Konstipasi atau sembelit merupakan kondisi dimana anak mengalami kesulitan atau keterlambatan buang air besar selama dua minggu atau lebih, dan dapat menyebabkan stres pada pasien Penyebab tersering sembelit pada anak yaitu fungsional sekitar 95%, dan hanya 5% karena penyebab organik. Konstipasi yang parah atau cukup parah jika tidak ditangani dengan baik bisa menjadi obstipasi. Pijat dapat menjadi salah satu terapi alternatif untuk konstipasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari i love you (ily) massage terhadap frekuensi buang air besar pada balita dengan konstipasi. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen dengan non equivalent control group design. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok responden yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan i love you (ily) massage dan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan. Kemudian dilakukan observasi frekuensi buang air besar pada balita dengan konstipasi untuk mendapatkan data. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji mann whitney. Hasil penelitian menyatakan nilai Pvalue yaitu 0,000 < 0,05 ini artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang diberi perlakuan berupa i love you massage dengan kelompok yang tidak diberi perlakuan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah i love you massage terbukti efektif dalam mengatasi masalah konstipasi pada balita.


Keywords


Pijat bayi, Balita, Konstipasi, Sembelit

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 562 times
PDF files downloaded : 110 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v12i2.1583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats