PENGARUH TERAPI MUSIK GAMELAN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA LANSIA

Riski Nilam Sari(1*), Suwanti Suwanti(2),

(1) Fakultas Kesehatan, Universitas Ngudi Waluyo
(2) Fakultas Kesehatan, Universitas Ngudi Waluyo

(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Latar Belakang: Lansia sebagai tahap akhir dari siklus kehidupan manusia, sering diwarnai dengan adanya perubahan baik secara fisik maupun psikososial yang menjadikan lansia rentan terhadap berbagai permasalahan kesehatan mental emosional salah satunya gangguan kecemasan. Apabila tidak ditangani akan berdampak pada munculnya gangguan pendengaran, kesulitan mengingat dan sosial emosional. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecemasan salah satunya dengan mendengarkan musik gamelan.  Tujuan: Mengetahui pengaruh musik gamelan terhadap tingkat kecemasan lansia. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan one group pre-test dan post-test design. Populasi lansia di Kelurahan Kramat Utara Kota Magelang. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden dengan teknik  simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakaan adalah kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Dengan uji analisis Wilcoxon Sign Rank. Hasil Penelitian: Tingkat kecemasan responden sebelum dilakukan terapi musik gamelan sebagian besar mengalami tingkat kecemasan sedang (40,0%). Setelah diintervensi dengan terapi musik gamelan terjadi penurunan menjadi tingkat kecemasan ringan (76,7%). Berdasar analisa bivariat hasilnya p value (0,000) < ? (0,05) artinya ada pengaruh yang bermakna antara pre-test dan post-test terapi musik gamelan jawa terhadap tingkat kecemasan lansia. Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan antara musik gamelan terhadap tingkat kecemasan lansia di Kelurahan Kramat Utara Kota Magelang. Saran:  Sebaiknya terapi musik gamelan dapat digunakan untuk mengurangi/ mengatasi kecemasan pada lansia.

 

Kata Kunci: Lansia, Kecemasan, Musik Gamelan

 


Keywords


Lansia; Kecemasan; Musik Gamelan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 320 times
PDF files downloaded : 150 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v12i3.1767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats