HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DAN PENDAMPINGAN ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK PRASEKOLAH

Nur Hifayatin(1*), Nur Muji Astuti(2), Faridah Faridah(3),

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya

(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Perkembangan sosial emosional adalah salah satu perkembangan yang harus ditangani secara khusus dan dibina pada masa kanak-kanak awal. Saat ini anak usia prasekolah sering kali terpapar oleh gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dan pendampingan orang tua dengan perkembangan sosial emosional pada anak usia prasekolah. Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik. pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 100 orang tua di TK Kecamatan Kanor Bojonegoro. Instrumen penelitian penggunaan gadget, pendampingan orang tua menggunakan kuesioner. Perkembangan sosial emosional diukur menggunakan kuesioner ASQ:SE-2. Analisis data menggunakan uji Korelasi Spearman rho Hasil penelitian menunjukkan penggunaan gadget dalam kategori buruk (83%) dan pendampingan orang tua dalam kategori buruk (83%). Perkembangan sosial emosional anak mengalami keterlambatan (84%). Hasil uji penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional diperoleh nilai ? value=0,000 (?< ?=0,05) nilai r= 0,966 yang artinya terdapat hubungan sangat kuat antara penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional, hasil uji antara pendampingan orang tua dengan perkembangan sosial emosional diperoleh nilai ? value=0,001 (?<?=0,05) nilai r= 0,314 yang artinya terdapat hubungan yang lemah antara pendampingan orang tua dengan perkembangan sosial emosional pada anak usia prasekolah. Penggunaan gadget pada anak usia prasekolah seharusnya dikontrol dan perlu pendampingan orang tua.

Kata Kunci : Gadget, pendampingan orang tua, perkembangan sosial emosional, anak usia preschool. 


Keywords


Gadget; pendampingan orang tua; perkembangan sosial emosional; anak usia preschool

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 21 times
PDF files downloaded : 4 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v13i2.2287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats