Analisis Lingkungan Internal dan Kompetitor Layanan Trauma Center RSI NU Demak

(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Jumlah kasus yang ditangani Trauma Center RSI NU Demak, yang merupakan layanan unggulan meningkat, meski demikian, layanan ini belum memiliki rencana pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan manajemen RSI NU Demak dalam pelayanan Trauma Center dengan menggunakan analisis lingkungan internal dan kompetitor dengan pendekatan analisis Value Chain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat eksploratif. Variabel yang diteliti meliputi aktivitas pemberi layanan dan aktivitas pendukung layanan. Variabel dianalisis dengan melihat relevansi kompetitif dan keunggulan kompetitif, selanjutnya disusun strategi yang diterapkan di layanan Trauma Center. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi dokumentasi, dan wawancara mendalam kepada subyek penelitian, yang terdiri dari 4 informan utama dan 3 informan triangulasi. Hasil penelitian, faktor kekuatan penciptaan nilai terdiri dari penyempurnaan konsep Trauma Center, letak geografis, tarif, tenaga medis yang memiliki keahlian dan berpengalaman, 6 layanan pendukung, kepuaasan pasien dengan pelayanan, layanan poliklinik dan rehabilitasi medik. Keunggulan aktivitas pendukung layanan sudah baik meliputi budaya profesional, teknologi sesuai tipe D, dan keuangan. Faktor kelemahan penciptaan nilai adalah identitas yang terbatas, dan belum adanya: penelitian pasar, peningkatan promosi, dokter sub spesialis, dokumen medis trauma, evaluasi dan kesinambungan layanan, peralatan standar, pembiayaan tenaga honorer. Proses analisis pada relevansi kompetitif data gambarkan kekuatan sangat dihargai, yang langka, sulit ditiru, dan berkesinambungan. untuk nilai kelemahan tinggi, tidak langka, mudah dikoreksi, dan tidak dapat mempertahankan kekuatan. Hasil proses analisis diatas menunjukkan keunggulan letak geografis, pengembangan layanan Trauma Center. Hal yang rentan dari analisis adalah pelayanan kecelakaan lalulintas, peningkatan pelayanan merupakan keunggulan kompetitif, peralatan tidak standar Trauma Center merupakan hal yang rentan. Implikasi strategi yaitu diferensiasi. Disimpulkan bahwa layanan Trauma Center memiliki strategi keunggulan kompetitif berupa deferensiasi dalam layanan Trauma Center.
Â
Kata kunci : analisis, Value Chain, Trauma Center, Rumah sakitFull Text:
Naskah Full TextArticle Metrics


DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v1i2.31
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Indexed by:







Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.