Pengalaman Perawat dalam Pengambilan Keputusan Triage di Instalasi Gawat Darurat RSUD RAA. Soewondo Pati

Noor Faidah(1*), Retty Ratnawaty(2), Setyoadi .(3),

(1) 
(2) 
(3) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Pelayanan di ruang gawat darurat memerlukan tindakan yang bersifat cepat dan  tepat, serta  pemikiran kritis yang tinggi. Perawat gawat darurat harus mengkaji pasien mereka dengan cepat dan merencanakan intervensi sambil berkolaborasi dengan dokter gawat darurat dan departemen penunjang. Peningkatan jumlah pasien di pelayanan rawat darurat yang mengalami berbagai masalah dari cidera ringan sampai kondisi yang mengancam kehidupan, maka dari itu semua pasien yang datang ke layanan gawat darurat perlu dinilai dan diklasifikasikan dengan menggunakan metode triage untuk diprioritaskan yang memiliki masalah yang paling mendesak dan memerlukan perawatan segera. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi pengalaman perawat dalam pengambilan keputusan  triage di Instalasi  Gawat Darurat. Penelitian  dilakukan dengan desain fenomenologi pada empat partisipan. Kesimpulan penelitian ini ialah konflik kerjasama dokter-perawat dalam pengambilan keputusan triage, yang mana perawat  bertugas di area triage tersebut sudah menilai dan melakukan pemilahan pasien yang masuk, tetapi ada dokter yang sulit dalam kerjasama,  mendominasi serta merasa lebih kompeten, yang menyebabkan tindakan menjadi lambat karena harus menunggu dokter tersebut.

 

Kata kunci : perawat, fenomenologi, pengambilan keputusan, triage

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 2435 times
Naskah Full Text files downloaded : 401 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v1i2.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats