Studi Kualitatif Pengembangan Media Promosi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Pabrik Gula Rendeng Kudus

Asih Wulandari, Eko Prasetyo

Abstract


Laporan dari setiap daerah di Indonesia, pada tahun 2012 triwulan kedua terdapat penyebab kecelakaan kerja sebanyak 11.247 kejadian dan mengakibatkan 799.845 kasus yang terjadi. Serta di Jawa Tengah sendiri mempunyai 3.523 kasus kecelakaan kerja. Berdasarakan UU No.1 Tahun 1970 pasal 14 menyebutkan bahwa perusahaan diwajibkan menempatkan informasi secara tertulis atau dalam bentuk poster, spanduk, banner dan lain sebagainya untuk mendukung informasi mengenai K3 di perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan secara mendalam tentang pengetahuan, praktek, media dan kebijakan K3 serta mengembangkan media promosi K3 yang ada di Pabrik Gula Rendeng Kudus. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan induktif. Penelitian dilakukan pada bulan juni sampai agustus 2013 di Pabrik Gula Rendeng Kudus. Informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang, teknik pengumpulan data dengan melakukan indepth interview dan focus group discusion. Analisis data pada penelitian menggunakan tematic content analisis. Simpulan dari penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan, praktek, media dan kebijikan K3 sehingga peneliti mengembangkan media untuk mempromosikan tentang K3. Sehubungan dengan hal tersebut penting bagi perusahaan khususnya karyawan agar dapat meninggkatkan informasi tentang K3. Hasil indepth interview menunjukan bahwa kurangnya sistem K3 yang ada di Pabrik Gula Rendeng Kudus yang meliputi pengetahuan, praktek, media dan kebijakan sehingga penelitian mengembangkan suatu media promosi K3 berupa 1 banner, 1 eks banner, dan 3 poster untuk meningkatkan informasi tentang K3 di Pabrik Gula Rendeng Kudus.

 

Kata Kunci : Kualitatif, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Media Promosi.

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 1541 times
Naskah Full Text files downloaded : 293 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v1i2.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats