Studi Deskriptif Persepsi Ibu dalam Perawatan Kesehatan Mulut Anak di Kabupaten Kudus

Nurulistyawan Tri Purnanto(1*), Renny Wulan Apriliyasari(2),

(1) 
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah kesehatan gigi dan mulut merupakan masalah yang serius di Indonesia. Pada tahun 2002 sebanyak 76,2% dari total anak usia 12 tahun menderita penyakit gigi dan angka ini telah meningkat menjadi 85% di tahun 2004. Penyakit ini akan menjadi kronik ketika dewasa nanti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan persepsi ibu dalam perawatan kesehatan mulut anak di Kabupaten Kudus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cross sectional dengan multi stage sampling untuk pemilihan sampel penelitian. Sebanyak 120 ibu dipilih sebagai responden dalam penelitian ini. Konsep teori menggunakan Health Belief Model (HBM). Kuesioner terdiri dari karakteristik ibu dan persepsi ibu dalam perawatan kesehatan mulut pada anak. Hasil penelitian menunjukkan; ibu memiliki perceived susceptibility rendah (Mean = 11,45; SD = 4,62), perceived severity rendah (Mean = 25,79; SD = 8,28), perceived benefits rendah (Mean 11,99; SD = 4,45) dan perceived barriers rendah (Mean = 23,06; SD = 7,08) tentang perawatan kesehatan mulut pada anak. Kesimpulannya adalah ibu memiliki persepsi rendah tentang perawatan kesehatan mulut anaknya. Oleh karena itu sebagai pemberi perawatan, ibu harus memiliki informasi tentang perawatan mulut untuk meningkatkan persepsi tentang susceptibility, severity, dan benefits pada perawatan kesehatan mulut anak.

Kata kunci: Persepsi ibu, perceived susceptibility, perceived severity, perceived benefits, perceived barriers, kebersihan mulut dan Health Belief Model (HBM)

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 519 times
Naskah Full Text files downloaded : 61 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v2i2.41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats